About Me

Foto saya
Yaya. Lahir di Jakarta tanggal 31 Juli 1995 jam 3 pagi. Tidak tinggi yang penting imut. Cewek Plegmatis. Penulis amatir. Fotografer amatir. Model amatir. Semuanya amatir. Lulusan TK Tunas Harapan, SDN Percontohan 27 Pagi, SMPN 7 Jakarta, dan Kelas Bahasa SMAN 31 Jakarta. Sekarang bergabung di Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Jakarta dan Lens Hood 33 Kelompok Mahasiswa Peminat Fotografi Universitas Negeri Jakarta. Cinta Indonesia-Jerman, kamera, pedas, merah jambu, angka sembilan, bola, kopi, es krim, stroberi, gitar, kembang api, bintang, hujan, dan pelangi. Join my blog first! Check "Hujan di Minggu Pagi" page ;)

Jumat, 02 Agustus 2013

Deutschland und Deutsch



Saya pernah bertanya kepada guru bahasa Jerman saya tentang negara ini, “Frau, emang disana bagus banget ya?“

Guru saya hanya menjawab, “Nanti kamu akan tahu sebagus apa negara itu kalo kamu mengunjunginya langsung.”

Merasa tertarik karena ucapan guru saya tersebut, saya pun mulai mempelajari keunikan negara dan bahasanya ini. Ya, negara Jerman dan bahasa Jerman. Salah satu negara Uni Eropa yang tentunya berada di benua Eropa.

Mimpi saya adalah mengunjungi benua Eropa. Yang mana saja negaranya, yang penting saya bisa menginjakkan kaki saya di benua itu. Saya terus ucapkan mimpi itu dalam hati saya, dan mungkin suatu saat mimpi saya tersebut bisa terwujud.

Sangat bersyukur sekali karena SMA saya merupakan 1 dari 10 sekolah di Indonesia yang bekerja sama dengan Pemerintah Jerman melalui Goethe Institut dalam proyek “Schulen: Partner der Zukunft” yang berarti “Sekolah: Mitra menuju Masa Depan”. Dengan proyek ini 2-3 orang siswa di SMA saya akan dikirim setiap tahunnya ke negara Jerman untuk mengikuti Winterkurs atau Sommerkurs di kota-kota di Jerman selama 3 minggu. Makin tertariklah saya untuk lebih dekat dengan negara yang memiliki bendera berwarna Hitam-Merah-Kuning ini.

Negara Jerman dengan ibukota Berlin ini amat terkenal di seluruh dunia karena negara ini termasuk negara maju dan modern. Jika mendengar kata Jerman saya selalu teringat akan istana Neuschwanstein, tembok Berlin, Pegunungan Alpen, FC Bayern-München, Schwarzwald, Volkswagen, sungai Rhein, juga tokoh-tokoh yang berasal dari negara ini seperti Johann Wolfgang von Goethe, Ludwig van Beethoven, Johann Sebastian Bach, Wolfgang Amadeus Mozart, Albert Einstein, serta penyatuan negara Jerman Barat dan Jerman Timur yang terjadi pada tahun 1990. Lucunya, saya juga teringat dengan Adolf Hitler dan Partai NAZI-nya.

Kalau berbicara tentang pendidikan, negara Jerman tentunya memiliki pendidikan yang maju. Salah satu universitas di Jerman yang saya ketahui adalah Universitas Heidelberg. Universitas Heidelberg didirikan pada tahun 1386. Universitas ini adalah universitas tertua di Jerman dan saat ini menempati peringkat tertinggi di Jerman.

Negara Jerman memiliki bahasa resmi yaitu bahasa Jerman. Bahasa Jerman adalah bahasa yang paling banyak digunakan di Uni Eropa. Katanya, bahasa ini merupakan bahasa yang paling indah didengar di seluruh Eropa, mungkin karena bahasanya mudah dimengerti. Bahasa Jerman juga dipakai di Austria, Swiss, Luksemburg, dan Lichtenstein sebagai bahasa pengantar resmi.

Indonesia juga mempelajari bahasa Jerman. Termasuk di SMA saya tentunya. Saya juga diajarkan tentang ujian-ujian bahasa Jerman yaitu tes A1, A2, B1, B2, C1, dan yang paling tinggi tingkatnya adalah C2.

“Kamu ikut ujian A1, ya!” saran guru bahasa Jerman saya. “nanti peringkat 2 tertinggi bisa kursus di Jerman selama 3 minggu lho…” lanjutnya lagi.

Saya teringat akan kerjasama SMA saya dengan Pemerintah Jerman dan juga mimpi saya untuk bisa ke benua Eropa. Dengan doa dan usaha yang tidak pernah putus, saya mengikuti ujian itu.

Suatu malam pengumuman kelulusan ujian tersebut, guru saya mengirimkan saya pesan singkat. “Selamat ya! Nilai ujian kamu tinggi. Insya Allah kamu yang akan pergi ke Jerman untuk ikut Sommerkurs selama 3 minggu itu.”

Berulang-ulang saya baca tulisan yang ada di layar ponsel itu. Mimpi yang dulu amat saya idam-idamkan, mimpi yang selalu saya ucapkan di hati, mimpi yang dulu hanya sekedar mimpi, mimpi yang sekarang bukan hanya mimpi lagi, mimpi yang akhirnya bisa menjadi kenyataan.

Ternyata saya berada di peringkat 3 tertinggi. Dikarenakan peringkat 2 tidak bisa mengikuti Sommerkurs di Jerman saat itu, maka saya yang harus menggantikannya. Betapa beruntungnya saya.

Dan pada tanggal 1 Juli 2012 - 21 Juli 2012, saya berhasil menginjakkan kaki saya di benua Eropa. Khususnya di negara Jerman. Semenjak saat itu, saya mulai mencintai negara Jerman dan bahasa Jerman. Dan akhirnya saya bisa menjawab pertanyaan saya sendiri. Jerman itu bagus banget!

Saya sangat tertarik untuk mempelajari lebih jauh dan jauh lagi tentang negara Jerman dan masih bermimpi untuk bisa pergi kesana lagi.

ICH LIEBE DEUTCHLAND UND DEUTSCH.

Vielen Dank! ^^

1 komentar:

  1. wah yaya postingnya bagus banget, menginspirasi, jadi pengin kesana jugaa

    BalasHapus